Senin, 28 Januari 2013

[Algoritma] Prosedur

PROSEDUR


PROSEDUR
Prosedur adalah suatu modul program atau bagian program yang terdapat didalam program dan dapat dipanggil sewaktu-waktu apabila diperlukan didalam program. Fungsi prosedur didalam program adalah untk menghindari penulisan teks program yang sama secara berulang-ulang. Dan penggunaan modul program / Prosedur akan dapat mengurangi panjang dari program. Pada dasarnya struktur prosedur sama dengan struktur algoritma yaitu ada bagian Header, Bagian Deklarasi dan Badan Prosedur.
Password : budiswift.blogspot.com

Pemanggilan Prosedur


Prosedur bukanlah program yang berdiri sendiri, sehingga ia tdk dapat dieksekusi secara lang sung. Ini berarti bahwa instruksi  - instruksi dalam prosedur baru dapat dilaksanakan bila prosedur tersebut diakses. Prosedur diakses dg memanggil namanya dari program pemanggil. Didalam program pemanggil harus didekla rasikan prototype Prosedur didalam bagian Deklarasi. Prototype Prosedur hanya berisi bagian Header Prosedur. Tujuan pendeklarasian ini agar supaya program pemanggil mengenal Prosedur tersebut serta cara mengaksesnya.
Password : budiswift.blogspot.com

Nama Lokal dan Nama Global


Semua nama-nama yang dideklarasika didalam mudul prosedur hanya dapat dipakai oleh prosedur itu sendiri dan tidak dapat digunakan oleh modul lain. Baik modul utama maupun modul prosedur. Nama-nama tersebut dikatakan bersifat lokal. Sedangkan nama-nama yang dideklarasikan didalam program utama dikatakan bersifat Global artinya dapat digunakan oleh modul manapun, baik modul utama maupun modul prosedur.

Password : budiswift.blogspot.com

Pada prosedur dan program utama di atas, peubah N dan Rata dideklarasikan didalam bagian deklarasi program utama. Maka N dan Rata bersifat global sehingga “dikenal” dan dapat digunakan didalam prosedur Hit_Rata. Sebaliknya I ,Bil, Jlh , Ba_bil dideklarasikan didalam prosedur Hit_Rata, jadi pengenal tersebut bersifat local dan hanya dikenal dan dapat digunakan didalam prosedur Hit_Rata.

Parameter dalam prosedur

Kebanyakan program memerlukan pertukaran informasi antara prosedur (atau Fungsi) dari titik dimana ia dipanggil. Penggunaan parameter menawarkan mekanisme pertukaran informasi tersebut. Tiap item data data ditransfer antara parameter actual dan parameter formal. Parameter aktual adalah parameter yang disertakan pada waktu pemanggilan, sedangkan parameter formal adalah parameter yang dideklarasikan didalam bagian header prosedur. Ketika prosedur dipanggil parameter actual menggantikan parameter formal. Tiap-tiap parameter actual berpasangan dengan parameter formal yang bersesuaian.
Berdasarkan maksud penggunaannya, terdapat tiga jenis parameter formal yang disertakan dalam prosedur.
  • Parameter Masukan (Input Parameter)
  • Parameter Keluaran (output parameter)
  • Parameter Masukan/Keluaran (input/output parameter)

Parameter Masukan

Parameter masukan adalah parameter yang nilainya berlaku untuk sebagai masukan untuk prosedur. Pada parameter masukan nilai parameter actual disikan ke dalam parameter formal yang bersesuaian. Nilai yang dinyatakan oleh parameter masukan tidak dapat dikirim dalam arah sebaliknya. Parameter masukan dideklarasikan dengan kata kunci input.

Password : budiswift.blogspot.com

Pada algoritma diatas A,B,C adalah parameter formal, X,Y,Z adalah parameter actual, antara parameter formal dan parameter actual saling bersesuaian, untuk itu kedua parameter harus mempunyai tipe yang sama. Pada saat pemanggilan prosedur Hit_Nilai, nilai parameter actual dikirim ke parameter formal, sehingga nilai parameter nilai parameter formal akan menggantikan nilai parameter actual.
Parameter Keluaran
Parameter keluaran adalah parameter yang menampung keluaran yang dihasilkan oleh prosedur. Bila prosedur yang mengandung parameter keluaran dipanggil, nama parameter actual menggantikan nama parameter formalyang bersesuaian didalam prosedur. Parameter keluaran dideklarasikan dengan kata kunci output.

Password.budiswift.blogspot.com


Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews