Kamis, 07 Februari 2013

Algoritma Pengurutan Buble Sort

PENGURUTAN


Pengurutan (sorting) adalah proses mengatur sekumpulan obyek menurut urutan atau susunan tertentu. Urutan tersebut dapat menaik (ascending) maupun menurun (descending).  Bila N obyek (data) disimpan dalam larik L, maka pengurutan menaik berarti menyusun elemen larik sedemikian sehingga menjadi :
L[1] > L[2] >  L[3 ] …….. >  L[N]

Sedangkan pengurutan menurun berarti menyusun elemen larik sedemikian sehingga menjadi :
L[1] < L[2] < L[3] <….. < L[N]
Pada pembahasan berikut akan disajikan tiga buah metode pengurutan yaitu :
-          Pengurutan Gelembung (Bubble Sort)
-          Pengurutan Maksimim / Minimum (Maximum / Minimum Sort)
-          Pengurutan Sisip (Insertion Sort).

1. Pengurutan Gelembung (Bubble Sort)
Metode pengurutan gelembung diinspirasi oleh gelembung sabun yang berada di atas permukaan air. Karena berat jenis gelembung lebih ringan daripada berat jenis air, maka gelembung sabun selalu mengapung ke atas permukaan. Prinsip pengapungan ini juga digunakan pada pengurutan gelembung. Elemen array yang paling kecil “diapungkan” , artinya diangkat keatas (atau keujung kiri array) melalui proses pertukaran. Proses pengapungan ini dilakukan sebanyak N kali langkah.
Algoritma pengurutan Gelembung (Bubble Sort), untuk mendapatkan array yang terurut menaik, proses yang dilakukan pada setiap langkah adalah sebagai berikut:

Langkah I           :     mulai dari elemen K = N, N-1, ….2, bandingkan L[K] dengan L[K-1]. Jika L[K] <  L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1]. Pada akhir langkah ke 1, elemen L[1] berisi harga minimum pertama.

Langkah 2          :     mulai dari elemen K = N, N-1, ….3, bandingkan L[K] dengan L[K-1]. Jika L[K] <  L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1]. Pada akhir langkah ke 2, elemen L[2] berisi harga minimum kedua dan larik L[1..2] terurut.

Langkah 3          :     mulai dari elemen K = N, N-1, ….4, bandingkan L[K] dengan L[K-1]. Jika L[K] <  L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1]. Pada akhir langkah ke 3, elemen L[3] berisi harga minimum ketiga dan larik L[1..3] terurut.

Langkah N-1      :     mulai dari elemen K = N, N-1, ….2, bandingkan L[K] dengan L[K-1]. Jika L[K] <  L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1]. Pada akhir langkah ke N-1, elemen L[N-1] berisi harga minimum ke- (N-1) dan larik L[1..N-1]terurut menaik (elemen yang tersisa adalah L[N], tidak perlu diurut karena hanya satu-satunya).

Contoh Algoritma pengurutan Gelembung (Bubble Sort) klik disini


Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews